Inilah Penyakit Motor yang Jarang Jalan

  • Home
  • Berita
  • Inilah Penyakit Motor yang Jarang Jalan
penyakit motor jarang jalan

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, banyak daerah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSSB). Hal ini dilakukan supaya masyarakat lebih banyak diam di rumah untuk memutus mata rantai persebaran virus covid-19. PSSB ini tentunya menyebabkan motor kita semua tidak digunakan sesering biasanya, tahukah anda jika ada beberapa resiko masalah /  penyakit pada motor yang jarang jalan?

Memang sepeda motor idealnya sering digunakan secara rutin, ada resiko resiko yang mungkin terjadi jika motor kalian jarang digunakan jalan saat Phisical Distancing sekarang ini.

Penyakit Pada Motor Jarang Jalan

  • Motor Susah Dihidupkan

Masalah pertama yang paling sering terjadi adalah masalah pada batre / aki, karena aki motor melakukan pengisian ulang ketika mesin berjalan, maka jika lama tidak dihidupkan akan menimbulkan resiko soak / drop sehingga motor sulit untuk hidup. Bersyukur jika motor anda memiliki kickstarter, jika tidak ini akan menjadi masalah besar.

  • BBM Mengendap Terlalu Lama

BBM yang tersimpan lama di tanki motor juga bisa menjadi masalah, apalagi pada motor injeksi karena tidak adanya pergerakan BBM di dalam tanki motor ke mesin bisa menyebabkan macetnya “fuel pump”, ini bisa terjadi jika motor tidak digunakan berbulan bulan.

Tips Merawat Motor Saat Jarang Digunakan

Untuk menjaga performa motor saat jarang digunakan jalan sebetulnya tidak terlalu sulit, pastikan motor selalu dihidupkan secara berkala maksimal 3 hari sekali, dan biarkan menyala 5 hingga 10 menit, ini akan membuat mesin dan seluruh elemen motor bekerja seperti biasanya dan terhindar dari penyakit penyakit yang bisa memicu masalah besar.

Khusus untuk motor yang memiliki kickstarter, ada baiknya jika menyalakan motornya dengan menggunakan kickstarter, saat posisi kunci off, coba sela 3 sampai 5 kali, kemudian pindahkan kunci ke mode on, dan nyalakan motor dengan kickstarter lagi. hal itu dilakukan supaya mesin ada friksi awal agar pelumas bergerak.

Untuk motor yang tidak memiliki kickstarter pun sebetulnya tidak perlu khawatir, bisa hidupkan motornya menggunakan electric starter minimal 3 hari sekali juga.

Demikianlah tips untuk mengetahui penyakit motor yang jarang jalan, semoga motor kita semua bisa tetap terawat sambil mengikut anjuran pemerintah untuk tetap di rumah.

Baca Juga : Modifikasi Motor Mio

Tags:
Leave a Comment