Surat Tilang Hilang ? Ini hal yang harus kamu lakukan

  • Home
  • Lainnya
  • Surat Tilang Hilang ? Ini hal yang harus kamu lakukan
surat tilang slip biru

Kata Tilang atau Tindak Langsung mungkin sudah sangat familiar untuk kita semua, tentu kebanyakan dari kita juga pernah ditilang karena melakukan pelanggaran lalu lintas. Proses tilang dibenarkan dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Namun adakah yang pernah mengalami surat tilang hilang? jangan dulu panik, bukan berarti sim/stnk yang ditahan juga hilang ya para bikers, proses pengurusannya pun relatif mudah dan tidak memerlukan waktu lama kok, di artikel ini riderbaik akan menjelaskan secara lengkap.

Mengenal Jenis Surat Tilang di Indonesia

surat tilang hilang berwarna biru dan merah

Sebelum mengetahui proses pengurusan surat tilang, ada baiknya juga para riders mengetahui perbedaan dan jenis surat tilang yang ada di indonesia, minimal kita tahu surat tilang apa yang diberikan oleh petugas dan bisa mengkoreksi jika dinilai tidak tepat.

Di indonesia sendiri sebetulnya ada 5 jenis surat tilang yang dibedakan dengan warna nya, namun yang paling populer atau sering digunakan oleh kepolisian kita adalah slip berwarna merah dan biru, keduanya memiliki arti yang berbeda, dan tentunya pelanggar juga bisa memilih ingin slip berwarna apa.

Surat tilang berwarna biru

Surat Tilang Berwarna Biru akan diberikan jika pelanggar mengakui telah melakukan kesalahan, jadi surat ini diberikan kepada pelanggar yang tidak menentang semua dakwaan yang dituduhkan oleh polisi, prosesnya sedikit lebih mudah, karena setelah proses tilang dan diberi lembar biru, polisi akan menuliskan detail kesalahan dan denda tilang yang harus dibayar, pelanggar bisa langsung membayar denda dengan cara transfer ke bank BRI, kemudian membawa bukti pembayaran dan slip tilang biru itu ke tempat sidang yang telah ditentukan, proses pada surat tilang berwarna biru ini seharusnya tidak memerlukan sidang samasekali, cukup menukarkan surat tilang dengan SIM/STNK yang ditahan.

Sebetulnya pembayaran surat tilang biru juga bisa dilakukan di Kejaksaan Negeri, dan biasanya denda tilang yang harus dibayar juga lebih murah, karena putusan di kejaksaan biasanya tidak menyentuh denda maksimal (meskipun tergantung pada masing2 kejadian).

jadi jika membayar melalui bank nominalnya adalah denda maksimal sedangkan di kejaksaan biasanya dibawah denda tilang maksimal, Sebagai informasi tambahan, pelayanan tilang di kejaksaan tersedia di loket khusus yang dibuka mulai pukul 08.00 sampai 15.00, buka setiap hari Senin sampai Jumat, dengan waktu istirahat antara pukul 12.00 sampai 13.00.

 

Surat Tilang berwarna merah

Berbeda dengan yang biru, surat tilang merah akan diberikan kepada pelanggar yang tidak merasa / mengakui kesalahannya, misalkan kesalahan kesalahan yang bisa diperdebatkan terlebih dahulu dan mungkin si pelanggar punya bukti yang menyatakan bahwa dia tidak bersalah, jika pelanggar meminta slip berwarna merah prosesnya sedikit lebih panjang.

Jadi tidak akan didenda secara langsung, namun menunggu keputusan sidang terlebih dahulu. Untuk sidangnya itu sendiri, pihak kepolisian akan memberikan jadwalnya pada saat ditilang, biasanya sekitar 5-10 hari setelah tanggal sidang.

Hal ini karena karena belum ada keputusan mengenai detail pelanggaran dan nominal denda tilang, jadi setelah persidangan selesai, baru kemudian ditentukan apakah benar melakukan pelanggaran atau tidak dan juga besaran denda yang harus dibayar, baru kemudian pelanggar membayar secara langsung atau bisa juga melalui transfer bank, namun jika terbukti tidak ada pelanggaran, makan tidak perlu membayar apapun.

Cara Mengurus Surat Tilang Hilang

Jika surat tilang hilang, berikut langkah langkah yang harus dilakukan supaya barang yang menjadi jaminan di kepolisian seperti SIM / STNK segera bisa diambil.

1. Mengurus Surat Kehilangan

Sama seperti pada kasus apapun, setiap kehilangan sesuatu diwajibkan untuk membuat surat keterangan kehilangan di polsek / polres terdekat, Pihak kepolisian menganjurkan untuk yang surat tilangnya hilang untuk segera membuat laporan kehilangan secepat mungkin.  Nanti akan diminta untuk menjelaskan wilayah terkena tilang, jenis pelanggaran dan juga plat nomer kendaraan yang ditilang tersebut.

Untuk yang belum pernah membuat surat keterangan kehilangan di kantor polisi, pertama tama anda harus datang ke polsek/polres terdekat dimana terjadi kehilangan, kemudian langsung ke bagian lapor, disana biasanya ada sedikit antrian, dan akan mendapat giliran satu persatu, polisi akan menanyakan beberapa pertanyaan dan juga data diri, kemudian setelah selesai akan diberikan sebuah surat yang ditandatangan dan di cap oleh pihak kepolisian, proses ini tidak memerlukan biaya alias gratis, namun di beberapa tempat terutama di daerah ada budaya seperti memberikan uang terima kasih ke petugas, namun balik lagi sebetulnya itu gratis.

Kemudian surat keterangan hilang tersebut nantinya bisa digunakan untuk melanjutkan proses pengurusan tilang, dan pengurusan pengembalian dokumen yang disita seperti SIM / STNK. cukup bawa surat keterangan hilang tersebut ke kantor polisi bagian lalu lintas, atau jika ingat sesuai jadwal sidang yang sudah diumumkan ketika ditilang.

2. Mendatangi Kantor Kepolisian Lalu Lintas

Setelah pembuatan surat keterangan hilang dari kepolisian, langkah selanjutnya untuk pengurusan surat tilang hilang adalah mendatangi kantor kepolisian lalu lintas, atau tempat sidang seperti yang terjadwal pada saat anda ditilang. memang proses ini kadang berjalan sangat lancar namun juga bisa tertunda, tergantung jenis pelanggaran dan banyaknya pelanggar di tempat tersebut, mungkin jika benar benar sedang penuh anda bisa tidak diproses di hari tersebut. Saran saya harus datang sepagi mungkin, dan bawa identitas diri dan juga surat tilang tersebut, tanyakan saja ke beberapa polisi yang ada disana.

Namun mengingat cukup ribetnya proses pengurusan surat tilang hilang ini, ada baiknya kita melakukan pencegahan semaksimal mungkin, meminimalisir kehilangan jauh lebih mudah daripada mengurus surat tilang hilang. apalagi di musim razia kendaraan sehingga pak polisi relatif lebih sibuk mengurusi pelanggar lain yang surat nya ada terlebih dahulu.

Tips Mencegah Surat Tilang Hilang

1. Simpan di Tempat yang Aman

Selayaknya surat penting lainnya, surat tilang juga harus disimpan di tempat yang aman, jangan hanya disimpan di dompet apalagi cuma di kantor celana atau jaket, kami sarankan untuk menyimpan surat tilang di tempat dokumen penting seperti folder atau brangkas di rumah. sehingga kemungkinkan untuk hilang menjadi lebih kecil.

2. Segera Selesaikan Proses Tilang Anda

Semakin lama anda menyimpan surat tilang, maka semakin besar pula potensi kehilangannya, jadi alangkah baiknya untuk segera menyelesaikan proses tilang sesegera mungkin, apalagi jika pelanggara mengakui kesalahannya dan mendapatkan surat tilang biru, segera lah bayar denda tilang nya dan urus pengambilan SIM/STNK yang ditahan.

3. Jangan Lupa Foto Surat Tilang Anda

Memfoto surat tilang memang tidak mencegah kehilangan, tapi setidaknya meminimalisir resiko, karena saat membuat surat kehilangan nantinya, pelanggar tidak perlu susah payah menjelaskan apapun, cukup memperlihatkan foto tersebut ke petugas.

4. Buat Salinan Surat Tilang

Ini juga tak kalah penting, membuat salinan surat tilang juga tidak dilarang selama digunakan dengan benar, lebih baik jika di scan dan dicetak berwarna sehingga ada kemiripan dengan yang asli, atau minimal difoto copy pun juga tak masalah, di beberapa daerah salinan surat tilang diperbolehkan untuk proses sidang dan pengambilan SIM/STNK yang ditahan.

Demikianlah tips pengurusan surat tilang hilang dari riderbaik, semoga bisa membantu para riders untuk bisa mengambil kembali SIM/STNK yang disita saat proses tilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para rider di seluruh Indonesia.

 

Tags:
Blog Comments

[…] foto viral yang memperlihatkan surat tilang dengan kesalahan tidak menggunakan sarung tangan menyebar di sosial media. Tak ayal foto tersebut […]

Terima kasih info nya, salam kenal mas

Leave a Comment