Motor 2 tak dan 4 tak, Ini Perbedaan Keduanya

sepeda motor yamaha 2 tak

Para biker mungkin sudah sangat familiar dengan istilah motor 2 tak dan 4 tak, namun mungkin tidak semua orang mengetahui apa itu motor dua tak, apa itu motor empat tak dan juga letak perbedaannya dimana. Di artikel ini riderbaik ingin coba memberikan gambaran dan penjelasannya, semoga bisa membantu kaloan yang sedang mencari informasi ini.

Sebetulnya sangat lumrah jika banyak orang tidak begitu memahami perbedaan kedua jenis motor ini, karena fakta nya saat ini kejayaan motor 2 tak sudah redup dan hampir semua motor yang dijual di pasaran saat ini adalah motor 4 tak (dan juga motor elektrik). Karena memang keberadaan motor 2 tak mulai dibatasi regulasi karena disebut sebagai penghasil polusi udara.

Hal Mudah Untuk Membedakan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Untuk orang awam, hal paling mudah untuk membedakan keduanya adalah dengan membedakan suaranya, motor 2 tak suaranya lebih cempreng dan basah, anda bayangkan saja suara rx king sebagai contohnya, sedangkan suara motor 4 tak lebih “garing” dan ngebass seperti suara motor motor jaman sekarang.

Untuk lebih detailnya perbedaan motor 2 tak dan motor 4 tak sebetulnya dikarenakan cara kerja mesin nya, sehingga suara yang dihasilkan juga berbedq, 2 tak artinya mesin hanya bekerja dua langkah, sedangkan 4 tak bekerja 4 langkah, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Kerja Mesin 4 Tak :

Sebetulnya mesin 4 tak ini tidak hanya digunakan pada motor saja, kendaraan lain seperti mobil,bus bahkan pesawat terbang pun menggunakan mesin jenis ini, karena memang menghasilkan emisi yang rendah ketimbang mesin 2 tak.

Motor Yamaha R25

contoh motor 4 tak, Yamaha R25


Agar para bikers tahu lebih detail tentang perbedaan motor 2 tak dan 4 tak ini, pertama tama harus lebih dahulu mengenal prinsip kerja motor 4 tak, lebih jelasnya motor 4 tak ini memerlukan 4 langkah piston pada setiap siklus pembakaran. Untuk Lebih detailnya berikut 4 langkah yang dimaksud :

1. Langkah Hisap

Tahapan pertama dimulai ketika katup isap terbuka, saat itu piston akan bergerak ke bawah dan membuat slinder memliki tekanan yang rendah, sehingga campuran bahan bakar dan juga udara bisa masuk melalui lubang katup,

Ketika piston akan sampai pada TMB (titik mati bawah), slinder yang telah terisi campuran bahan bakar dan udara, kemudian pada ruang silinder akan terjadi penyesuaian tekanan sehingga mesin motor akan melanjutkan tahapan selanjutnya yaitu langkah kompresi.

2. Langkah kompresi

Langkah kompresi dimulai dengan tertutupnya katup masuk, lalu piston akan bergerak kembali ke TMA (titik mati atas), pada kondisi ini katup isap dan katup buang sama-sama dalam kondisi tertutup dan membuat campuran bahan bakar dan udara yang ada di slinder termampatkan.

pemampatan udara dan bahan bakar pada slinder ini akan diikuti dengan peningkatan suhu atau yang sering disebut dengan istilah pemanasan adiabatik. Selama proses pemanansan ini, suhu di dalam silinder bisa mencapai ratusan derajat celcius.

3. Langkah kerja

Langkah kerja sendiri dimulai saat komponen pengapian menyalakan busi. Situasi ini berlangsung saat piston akan mencapai TMA (titik mati atas). Percikan api yang muncul dari busi membuat adanya ledakan di dalam mesin silinder dan akan mendorong pergerakan piston dari TMA menuju TMB. Pada tahapan inilah disebut dengan langkah kerja. Selanjutnya, tenaga yang dihasilkan dari langkah kerja, akan disalurkan menuju ke crankshaft melewati connecting rod.

4. Langkah buang

Tahapan terakhir yang terjadi pada mesin motor 4 tak adalah langkah buang. Ketika piston sudah berada pada TMB, katup buang akan terbuka. Selanjutnya, piston akan melakukan pergerakan ke TMA dan memompa sisa gas pembakaran sehingga keluar dari katup buang. Saat piston akan sampai pada TMA, katup isap terbuka dan mesin akan melakukan siklus pembakaran dari awal.

Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak

Berbeda dengan motor 4 tak yang lebih ribet, motor 2 tak hanya memerlukan 2 langkah kerja pada siklus pembakarannya, Dua siklus tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Langkah isap dan kompresi

Mesin motor 2 tak sejatinya memiliki proses yang mirip, namun ada penggabungan kerja sehingga ada 2 pekerjaan yang dilakukan secara bersama dalam satu langkah. Langkah pertama ini berlangsung saat piston bergerak dari TMB menuju TMA. Gerakan piston itu buat tekanan di ruang engkol mengalami peningkatan. Tekanan di dalam ruang engkol akan terus meningkat seiring dengan pergerakan piston.

2. Langkah kerja dan buang

Pada langkah kedua, piston melakukan pergerakan dari TMA menuju ke TMB. Sesaat sebelum piston sampai pada TMA, busi akan menyala sehingga menimbulkan pembakaran di dalam ruang bakar. Selanjutnya, percikan api dari busi menimbulkan ledakan dan mendorong piston bergerak menuju ke TMB.

Sebagai imbas dari pergerakan piston, volume pada ruang engkol mengalami penurunan. Campuran gas yang ada di ruang engkol kemudian tertekan dan mengalur menuju ruang bakar. Sementara itu, gas yang muncul akibat proses pembakaran, dialirkan ke saluran buang.

Prinsip kerja yang ada pada mesin 2 tak, membuat proses pembakaran membutuhkan bahan bakar lebih banyak dibandingkan mesin 4 tak. Mesin ini memiliki keuntungan karena lebih responsif dan punya akselerasi tinggi. Namun, akselerasi tinggi itu harus dibayar dengan emisi tinggi serta konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibandingkan mesin 4 tak.

Ringkasan Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

Jadi perbedaan keduanya memang jauh berbeda dari langkah kerja mesin tersebut, sebagai yang lebih dulu populer, mesin 2 tak memang melakukan proses yang lebih efisien, namun tidak dipungkiri bahwa meesin jenis ini juga menghasilkan polusi yang jauh lebih banyak, sedangkan mesin 4 tak meskipun prosesnya lebih banyak, namun bisa menghasilkan polusi yang lebih sedikit.

Begitulah penjelasan tentang perbedaan motor 2 tak dan 4 tak yang kami sajikan, mohon maaf jika banyak kalimat yang terlalu teknis dan sukar dimengerti. Anda juga bisa menyimak video dibawah ini untuk info yang lebih lengkap.

Tags:

Tantowi Ahmad

Just a normal rider, ride 50km a day

Leave a Comment