Modifikasi Motor Mio Terbaik : Sporty Drag Thailook

Modifikasi Motor Mio Terbaik : Sporty Drag Thailook - mio babylook simple

Motor Matic Generasi Awal

Sebagai salahsatu perintis sepeda motor matic di indonesia, yamaha mio telah mengaspal lebih dari 17 tahun di indonesia, sejak generasi pertama diproduksi pada tahun 2003, yamaha mio terus eksis mengikuti perkembangan zaman, atas dasar itupun modifikasi motor mio menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Motor Yamaha Mio kerap disebut motor sejuta umat karena banyaknya motor tersebut berkeliaran di jalanan, meskipun belakangan kalah jumlah dibandingkan honda beat, namun jumlah motor mio yang ada di indonesia juga sangat banyak, terlebih di periode awal peluncurannya yang membuat popularitas motor matic naik daun.

Ketika itu motor matic belum begitu populer dibandingkan dengan motor bebek, motor matic saat itu lebih identik dengan motor perempuan, Mio keluaran pertama pun memang diarahkan untuk target market perempuan, itu terlihat dari striping motor Mio generasi pertama yang menggunakan aksen bunga.

Namun perlahan seiring meningkatnya popularitas yamaha mio, Motor inipun mulai digunakan oleh biker laki-laki juga, dan image “motor perempuan” perlahan mulai hilang. Pada periode tersebut sebetulnya modifikasi motor mio sudah mulai marak, namun umumnya begitu simpel, biasanya hanya dengan penambahan velg dan knalpot racing.

mio generasi pertama

motor mio generasi awal

Motor ini memang benar benar tumbuh bersama perkembangan motor matic, naiknya popularitas motor matic berbarengan dengan popularitas yamaha mio juga, memang untuk motor entry level dan harga yang terjangkau, yamaha mio telah memenuhi kriteria yang diperlukan sebagai tunggangan roda dua ketika itu, mungil dan mudah dioperasikan menjadikan motor ini motor ini menjadi “motor sejuta umat”.

Inspirasi Modifikasi Motor Mio Terlengkap

Membahas tentang modifikasi motor mio, motor yang satu ini sangat mudah dimodifikasi, seperti bahan bagus yang bisa dengan mudah didandani, dan bisa tampil ganteng dengan aneka konsep modifikasi. Mungkin karena motor ini juga bersifat netral, tidak terlalu laki, tidak terlalu gagah, namun bisa masuk ke semua konsep modifikasi dengan baik.

Berbicara tentang konsep modifikasi, memang pemilik mio tidak perlu khawatir akan dibuat seperti apa motor mereka, karena ada banyak pilihan yang bisa menjadi referensi modifikasi, mulai dari modif simpel dengan perubahan velg dan knalpot pun motor ini sudah ganteng, apalagi dengan melakukan modifikasi yang lebih ekstrim seperti modifikasi mio drag, atau modifikasi thailook. Selain itu motor mio juga didandani dengan full airbrush atau dimodifikasi menjadi motor adventure.

Berikut beberapa referensi Modifikasi Yamaha Mio :

1. Modifikasi Motor Yamaha Mio Simple

Gaya modifikasi simple umumnya memang tidak terlalu fokus pada konsep tertentu, sentuhan minimalis dengan penggantian beberapa bagian sudah cukup membuat motor ini makin ganteng, umunya ubahan modifikasi simpel juga lebih hemat dari segi biaya dan juga sangat nyaman digunakan sehari hari.

Biasanya pada modifikasi simpel ini ubahan dilakukan pada bagian velg, knalpot atau shockbreaker, namun ada juga perubahan pada striping, scootlite atau bahkan pengecatan ulang, ide nya sangat sederhana yaitu supaya tidak terlalu sama dengan motor mio kebanyakan, meskipun perubahannya bisa dibilang sangat minim.

modif simpel mio biru

Simpel dengan ubahan velg

Modifikasi Mio Generasi Terakhir

Mio M3 dengan modif simpel babylook

motor ganteng hitam putih

Sporty dan elegan

mio merah simpel

ganteng dengan ubahan minim di bagian velg dan shock belakang

2. Modifikasi Motor Yamaha Mio Thailook

Definisi thailook adalah konsep modifikasi yang mengikuti gaya modifikasi di thailand, ada juga yang menyeutnya MoThai (Motor Thailand). Ciri utama modifikasi konsep thailook adalah menggunakan velg jari jari warna warni (biasanya dengan warna ngejreng) berukuran 17inch dengan ban yang sangat kecil, kemudian biasanya menggunakan striping motor thailand, dan yang lebih ekstrim lagi menggunakan plat nomer thailand dan menambahkan keranjang di bagian depan motor. Saat nongkrong atau kontes motor jenis ini akan dikalungkan bunga di bagian setangnya, cukup unik dan benar benar thailand banget.

Umumnya motor jenis ini tidak melakukan ubahan di bagian mesin, modifikasi nya fokus ke tampilan, karena thailook memang fokus ke look nya saja. Motor jenis ini juga masih nyaman dikendarai asal untuk jarak dekat dan tidak dengan kecepatan tinggi, karena penggunaan ban cacing pada motor ini bisa berbahaya jika digunakan pada kecepatan tinggi.

thailook minimalis

thailook minimalis dengan ubahan velg dan suspensi

thai style mio generasi awal

velg, ban dan knalpot penambah rasa drag & thai look

mio thailook chrome

Chrome style thai look

Yamaha Mio thailook kontes

Mio M3 125 thailook siap kontes

3. Modifikasi Motor Yamaha Mio Drag Bike

Sebetulnya bagian ini mungkin bukan sebuah konsep modifikasi, namun motor motor yang digunakan untuk drag race punya kecenderungan untuk melakukan perubahan-perubahan untuk membantu motor tersebut berlari lebih kencang. Umumnya perubahan yang dilakukan adalah dengan melepas beberapa bagian body seperti pada dashboard bawah untuk mengurangi beban motor. Lalu menggantu ukuran velg menggunakan velg ukuran 17 dengan ban slick, atau ban cacing. selain itu yang pasti juga penggunaan knalpot racing yang umumnya berbentuk naik ke atas.

Sekilas memang mungkin ada kemiripan antara motor gaya thailook dengan gaya dragbike, namun memang modifikasi motor di thailand pun banyak diinspirasi dari drag race sehingga muncul lah konsep thailook tersebut, Namun yang menjadi pembeda adalah thailook berfokus pada tampilan, sedangkan drag race lebih fokus ke performa, beberapa ubahan dilakukan bukan untuk gaya, tapi untuk menunjang kecepatan motornya itu sendiri.

4. Modifikasi Motor Yamaha Mio Adventure

Motor mio mau dibawa off road? kata siapa tidak bisa, sudah banyak yang mengubah motor mio nya menjadi motor adventure, dan juga terbukti benar benar bisa dibawa untuk main tanah.

Modifikasi yang dilakukan biasanya dengan mengganti suspensi dengan yang lebih tinggi, kemudian memasang ban trail yang memiliki daya cengkram lebih kuat di tanah. Namun kadang suspensi saja belum cukup sehingga perlu merubah rangka menjadi lebih tinggi, dan juga disertai dengan besi penopang supaya lebih kuat. Terakhir biasanya ubahan dilakukan di bagian setang dengan menggunakan setang yang lebih ramping dan lebar lebar, kebanyakan menggunakan setang jenis Fatbar.

modifikasi motor mio adventure kuning

extreme adventure, ubahan total pada bagian rangka

modifikasi motor mio adventure merah

velg bawaan bukan halangan untuk dibuat adventure

modifikasi yamaha mio adventure hitam

kekar dan sporty, siap untuk bermain tanah

modifikasi yamaha mio adventure merah kuning

gagah dan sporty dengan rangka yang tidak terlalu tinggi.

5. Modifikasi Motor Yamaha Mio Airbrush

Untuk konsep yang terakhir, biasanya yamaha mio juga dimodifikasi dengan airbrush, memang motor matic memiliki permukaan body yang lebih luas dibanding motor bebek dan motor sport, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media cat. Dari segi jenis motif gambarnya pun hampir semua gambar akan cocok di motor ini, mulai dari garis / stripe, aksen racing, atau bahkan karakter kartun.

Namun memang modifikasi jenis ini memerlukan biaya yang relatif tinggi, harga nya biasanya diatas 2juta atau bisa hingga diatas 5juta jika dikerjakan oleh yang professional. Kelebihan modifikasi airbrush ini selain dari penampilan juga dari fungsi, karena umumnya motor masih bisa digunakan dengan normal.

Kesimpulan dari Riderbaik

Yamaha mio adalah sepeda motor entri level yang begitu mudah dimodifikasi dan bisa masuk pada aneka jenis konsep modifikasi, dari mio generasi pertama hingga Mio M3 125 semuanya cocok dimodifikasi. Ketersediaan sparepart untuk modifikasi motor ini pun juga dengan mudah ditemukan di bengkel bengkel custom maupun secara online.

Para rider bisa menyesuaikan gaya modifikasi yang sesuai selera dan juga tentunya budget, namun juga harus menggunakannya sesuai peruntukannya, misalkan motor dengan konsep drag tidaklah cocok digunakan di jalanan umum dan bisa berbahaya, begitupun dengan konsep adventure yang tidak akan begitu nyaman digunakan untuk harian. Demikianlah artikel tentang modifikasi motor mio dari Riderbaik, semoga para rider bisa terus berkreasi namun tetap patuh pada peraturan lalu lintas.

Salam Riderbaik

Tags:
Leave a Comment