Fungsi Autosol dan Cara Menggunakannya Dengan Benar

Autosol Pasta Ajaib

Pasti kita sudah cukup familiar dengan produk pengkilap logam bernama autosol, ternyata pasta ajaib ini memiliki banyak kegunaan lho, dengan modal lima belas ribu rupiah, sekali oles dan usap body motor bisa kinclong kembali. Tak hanya untuk body saja, sebetulnya ada banyak fungsi autosol yang harus kalian ketahui. Di artikel ini Riderbaik juga ingin memberikan tips cara menggunakan autosol yang benar seperti apa.

Selain murah, cara menggunakan autosol juga ternyata sangat mudah, dan hasilnya terlihat langsung. Kesimpulan kami setelah memakai  benda ajaib ini, ada satu kata yang tepat untuk diucap “AJAIB” . benar memang pasta pengkilap ini memiliki banyak fungsi, dari mengkilapkan velg, handle rem, foot step dan juga beberapa bagian lainnya, langsung saja simak tips berfaedah dari Riderbaik untuk tahu lebih lengkapnya.

4 Fungsi Autosol Untuk Para Rider

Kilapkan Velg dan Handel

Velg, foot step, handel dan semua perangkat “eksterior” logam pada motor umumnya akan berubah menjadi kusam setelah digunakan beberapa bulan, fungsi autosol memanglah untuk memoles perangkat logam seperti ini.

Cara menggunakan autosol untuk bagian logam sangatlah mudah, cukup oleskan autosol pada kain microfiber, atau boleh juga menggunakan lap yang cukup rapat. kemudian dioleskan pada bagian yang akan dibersihkan, tak perlu waktu lama semua perangkat tersebut akan kinclong kembali. Namun khusus untuk bagian logam, setelah terkena air hujan ada baiknya dipoles kembali, karena biasanya berubah menjadi sedikit kusam.

Handal Untuk Poles Bagian Kaca

Selain jago mengkilapkan sparepart berupa logam, Autosol juga bisa diandalkan untuk “membersihkan” bagian bagian kaca, seperti pada lampu utama atau kaca spion motor kesayangan anda, kaca yang sudah mulai kusam akan kembali terlihat seperti baru dengan autosol. Meskipun peruntukan utamanya adalah untuk logam, namun fungsi autosol bisa tetap maksimal untuk digunakan pada kaca.

Caranya sangat mudah, cukup tambahkan sedikit pasta autosol pada kain / lap, lalu gosok permukaan kaca dengan merata dan konsisten, lakukan dengan pelan hingga sisa autosol menghilang dari bagian yang kaca yang sedang dibersihkan. Hasilnya akan terlihat kinclong dan bening.

Membersihkan Mika Lampu yang Kusam

Bagian Headlamp atau lampu utama ini merupakan bagian pada sepeda motor yang sangat penting, namun seiring bertambahnya umur motor, bagian ini juga mudah terlihat kusam dan menguning.

Untuk mengatasi hal ini, kita juga bisa menggunakan pasta ajaib ini, fungsi autosol yang bisa mengkilapkan bahan logam dan kaca sangat memudahkan untuk membersihkan bagian ini.

Caranya yaitu dengan menambahkan pasta autosol pada lap kain, kemudian gosokkan pada kaca dan juga mika lampu motor anda, Memang sebetulnya untuk mebersihkan lampu ini bisa juga menggunakan pasta gigi, namun dari pengalaman kami menggunakan autosol ini jauh lebih mudah dibanding hanya menggosoknya dengan menggunakan pasta gigi, tidak terlalu lama lampu utama kita sudah seperti baru lagi.

Hindari Penggunaan Pada Besi

Dari pengalaman kami, ada baiknya menghindari penggunaan Autosol pada parts berbahan besi, memang hasilnya akan sama bagusnya dibanding bahan lain seperti aluminium, awal awal bagian tersebut akan kinclong seperti hasil chrome, namun biasanya tidak bertahan lama.

Menggunakan autosol pada besi memang tidak salah, namun sangat sering terjadi besi tersebut akan cepat berkarat di kemudian hari, apalagi jika terkena air hujan dan tidak cepat cepat dikeringkan. Alhasil chrome ganteng malah berubah menjadi bintik karat.

Cara Menggunakan Autosol

cara menggunakan autosol pada sepeda motorSecara umum fungsi autosol ini sama persis pada bahan apapun, baik pada logam, kaca, ataupun plastik, berikut tips untuk menggunakan autosol dengan lebih maksimal :

  • Pertama tama, kalian harus oleskan autosol pada bidang yang akan dipoles, tidak perlu terlalu banyak.
    fungsi autosol untuk velg
  • Ambil kain (idealnya berjenis microfiber) atau setidaknya menggunakan lap halus dan gosok sampai lap tersebut menghitam dan bidang mengkilap.
  • Anda bisa mengoleskan kembali jika belum mengkilap sesuai keinginan kalian dan gosok pakai lap lagi seperti pada poin nomer 2.
  • Setelah bidang yang dipoles mulai mengkilap, gosok terus menggunakan lap yang masih bersih sampai kilap yang dihasilkan bersih dan kinclong. Lebih baik jika proses ini dilakukan dengan pelan pelan dan konsisten tingkat kekencangannya.
  • Proses Selesai dan perangkat motor kalian akan kinclong seperti chrome.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Autosol

Kelebihan :

  • Multifungsi dapat digunakan di berbagai media.
  • Aman jika terkena tangan, tidak menimbulkan iritasi,
  • Proses pengerjaan mudah dan cepat.
  • Biaya relatif murah jika dibandingkan dengan chrome.

Kekurangan :

Satu satunya kekurangan autosol adalah jika digunakan pada bahan besi, maka akan mudah berkarat atau mengguning jika terkena air hujan, ini terjadi karena autosol memiliki kandungan zat asam yang tinggi. Satu satu nya cara untuk menghindari ini adalah dengan mencuci kembali setelah terkena hujan, dan jangan lupa mengeringkan setelahnya. Anda bisa menggunakan sampo motor ataupun sabun cuci piring untuk mencucinya.

Demikianlah artikel tentang fungsi autosol dari Riderbaik, semoga kita bisa merawat motor kita semua dengan baik. Salam Riderbaik!

Tags:
Leave a Comment