10 Cara Menambal Knalpot Bocor yang Efektif

menambal knalpot bocor

Tentunya saat para riders menggunakan kendaraan bermotor pasti pernah mengalami beberapa kerusakan yang menyebabkan Anda harus memperbaiki kendaraan tersebut, salah satu hal yang bisa terjadi adalah adanya kebocoran pada knalpot. Ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan knalpot kendaraan bocor, untuk dapat melakukan cara menambal knalpot bocor maka para riders tentunya harus bisa mengetahui apa penyebabnya terlebih dulu.

10 cara menambal knalpot bocor untuk para riders :

  1. Cara Menambal Knalpot Bocor Dengan Ganti Paking

Cara Menambal Knalpot Bocor dengan ganti pakingSalah satu hal yang menyebabkan knalpot bocor adalah karena paking pada knalpot mengalami kerusakan. Untuk itu solusinya tentu adalah dengan mengganti paking pada knalpot kendaraan, alih-alih memasang paking stkamur, para riders sebaiknya memilih menggunakan knalpot yang bahannya dari aluminum agar knalpot kendaraan tidak lagi bocor dalam waktu yang lama. Para riders juga bisa menggunakan double packing untuk menyiasatinya.

  1. Dengan Cara Di Las

Ini adalah cara yang mudah dan tidak akan mengecewakan, sebab dengan cara ini para riders tinggal mendatangi bengkel las lalu meminta mereka untuk las knalpot yang bocor, nantinya dengan sekejap saja knalpot akan teratasi dari kebocoran dan bisa digunakan dengan baik seperti biasanya.

  1. Menambal Dengan Lem Semen

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar tentang lem semen ini, namun lem semen ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk menambal knalpot karena lem semen ini tahan panas dan sangat kuat. Para riders bisa mendapatkan lem semen ini dengan harga Rp 20.000 saja, namun harganya bisa berbeda tergantung dimana para riders membelinya. Cukup dengan mengoleskan lem ini pada bagian knalpot yang bocor maka bisa mengatasi hal tersebut.

  1. Menggunakan Lem Sealer

Saat para riders ingin menggunakan lem sealer untuk menambal knalpot yang bocor maka pastikan bahwa lem sealer yang dibeli adalah lem sealer yang tahan panas. Caranya mudah saja, para riders bisa mengoleskan lem sealer ini ke seluruh permukaan knalpot dan tunggulah hingga mongering. Nantinya para riders akan melihat bahwa knalpot kembali seperti semula dan tidak bocor lagi.

  1. Menambal Knalpot Dengan Bungkus Rokok

Cara menambal knalpot bocor yang satu ini bisa dikatakan sebagai cara yang amat kreatif dan ekonomis. Sebab para riders hanya membutuhkan kertas bungkus rokok yang berwarna keemasan untuk menambal bagian knalpot yang bocor. Tempatkan kertas bungkus rokok itu pada bagian knalpot yang bocor dan rekatkan dengan baik, nantinya saat kendaraan berjalan dan knalpot panas maka kertas bungkus rokok tersebut akan meleleh serta menyatu pada bagian knalpot yang bocor.

  1. Dengan Lem Besi

Cara menambal knalpot bocor lainnya yang bisa para riders lakukan adalah dengan cara menambalnya menggunakan lem besi. Para riders bisa dengan mudah mendapatkan lem besi ini pada toko bangunan yang ada dimana saja. Untuk menambalnya, para riders harus pastikan bahwa knalpot sudah bersih kemudian oleskan sebanyak 2-3 lapisan agar dengan demikian lapisannya lebih kuat dan knalpot pun tidak bocor lagi di kemudian hari.

  1. Menambal Dengan Plastik Steel

Cara lainnya yang patut untuk dicoba saat knalpot kendaraan para riders mengalami kebocoran adalah dengan menambalnya menggunakan plastik steel, selain harganya juga lebih murah, nantinya bekas tambalannya juga mudah untuk dibersihkan dari knalpot. Maka dari itu para riders juga bisa menggunakan cara ini jika ingin menambal knalpot dengan cepat dan tentunya ampuh mengatasinya. Para riders tidak perlu ke bengkel untuk mengatasinya sebab bisa diatasi dengan mudah menggunakan plastic steel.

  1. Menambal Knalpot Dengan Aluminium Foil

Aluminium Foil biasanya digunakan untuk kebutuhan memasak, namun ternyata para riders juga bisa mengandalkan aluminium foil untuk cara menambal knalpot bocor. Cara memasangnya sama dengan saat para riders menambal knalpot dengan bungkus rokok. Para riders cukup memilin aluminium foil tersebut lalu rekatkan pada bagian knalpot yang bocor sehingga dengan demikian nantinya aluminium foil itu bisa meleleh dan menutup bagian knalpot yang bocor. Cara ini tentunya adalah cara yang mudah dilakukan karena aluminium foil bisa didapatkan darimana saja dengan mudah.

  1. Menambal Knalpot Dengan Aluminium Muffler

Aluminium Muffler ini memang merupakan salah satu bahan yang khusus diperuntukkan bagi para riders yang ingin menambal knalpot yang bocor. Biasanya aluminium muffler ini dijual dengan bentuk tape, sehingga untuk menggunakannya para riders bisa mengambil lembaran tape aluminium muffler itu lalu merekatkannya pada bagian knalpot yang mengalami kebocoran. Saat knalpot mulai panas, maka aluminium muffler itu akan meleleh dan menutup kebocoran yang ada pada knalpot.

  1. Menggunakan Seal Tape Aluminium

cara menambal knalpot motor bocor dengan Seal Tape AluminiumJika para riders sebelumnya sudah pernah menambal panci atau pun wajan yang bocor maka pastinya pernah menggunakan seal tape aluminium, nah dengan seal tape aluminium ini juga bisa digunakan untuk cara menambal knalpot bocor. Lepaskan seal tape aluminium ini dari kertasnya kemudian rekatkanlah pada bagian knalpot yang nampak bocor, para riders bisa merekatkannya dengan 2-3 lapisan sekaligus agar lebih yakin nantinya knalpot tidak kembali bocor. Pastikan bahwa bagian knalpot yang para riders lapisi dengan seal tape aluminium ini memang merupakan bagian yang mengalami kebocoran sehingga dengan demikian kedepannya tidak akan terjadi kebocoran lagi.

Demikian beberapa cara menambal knalpot bocor yang bisa para riders lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment