Cara Menghidupkan Motor PCX dengan Smart Key

Cara Menghidupkan Motor PCX dengan remote

Di jaman yang serba modern ini, banyak sekali ditemukan penemuan baru yang membuat kerja manusia lebih mudah dan efisien. Salah satunya adalah cara menghidupkan motor PCX dengan smart key sebagai alatnya. Motor PCX yang dikeluarkan oleh Honda ini memiliki teknologi yang canggih yang terletak pada bagian kuncinya. Fitur yang digunakan disebut dengan smart key, yang mana dapat memudahkan pengguna dalam beberapa hal. Beberapa sepeda motor dengan merk yang lainpun juga dapat melakukan hal yang sama. Sebenarnya teknologi smart key ini sudah hadir cukup lama di dunia otomotif, namun baru diaplikasikan pada sepeda motor akhir – akhir ini saja.

Sepeda motor yang dilengkapi dengan smart key system memang tidak semua jenisnya. Misalnya saja ada beberapa motor jenis sport dengan kapasitas 150cc yang belum memiliki fungsi ini. Oleh karenanya jika para riders menginginkan sepeda motor dengan fungsi ini, haruslah dipastikan lebih dulu apakah memang menggunakan fitur yang dimaksud. Untuk tipe Honda PCX, teknologi smart key digunakan pada tipe Honda PCX ABS dan Honda PCX CBS. Smart key yang diusung oleh motor PCX ini terhubung dengan sistem imobilizer yang dapat membuat motor para riders memiliki sistem keamanan yang canggih. Selain itu, teknologi smart key juga memberikan fitur answer back system.

Smart Key System

Para riders tentu penasaran ingin mengetahui apa itu smart key yang diklaim memberikan sentuhan teknologi canggih pada sepeda motor. Sebelum kita bahas cara menghidupkan motor PCX dengan smart key, lebih dulu riderbaik akan membahas tentang apa itu smart key? Sistem smart key adalah teknologi yang diterapkan untuk membuat sepeda motor dapat dinyalakan tanpa menggunakan anak kunci. Para riders yang memiliki kendaraan dengan sistem ini akan memiliki remote control yang digunakan sebagai pengganti anak kunci. Remote ini dapat dipakai untuk menyalakan, menghidupkan dan mengunci kendaraan. Hal ini dapat membuat pengendara sepeda motor tidak perlu membawa kunci kemanapun mereka pergi. Berikut adalah fungsi utama dari smart key system.

Fitur Smart key system untuk menghidupkan motor PCX

  • Immobilizer

Immobilizer merupakan fungsi yang digunakan sebagai alat kontrol untuk menyalakan sepeda motor. Immobilizer ini harus dilengkapi dengan remote control agar dapat dinyalakan, sehingga kalau remotenya hilang, maka immobilizer tidak dapat difungsikan.

  • Answer Back System

Smart key system dapat memunculkan answer back fitur yang dapat membantu pengendara menemukan lokasi memarkir sepeda motor. Pada remote control, ada tombol yang digunakan untuk pemberitahuan. Tombol ini dapat dipencet jika para riders kebingungan mencari dimana sepeda motor, misalnya jika saat para riders di mall dan lupa memarkir sepeda motor. Dengan ditekannya tombol tersebut, sepeda motor akan memberikan respon balik  dengan menimbulkan bunyi dengan menyalanya lampu sein. Untuk jaraknya sendiri, bisa dilakukan pada kurang lebih di radius 30 meter.

  • Untuk Keyless

Fungsi utama dari smart key ini adalah keyless. Pengguna sepeda motor yang dilengkapi dengan smart key tidak perlu susah – susah membawa kunci motor, karena motor sudah dapat dinyalakan hanya dengan remote. Fungsi ini adalah fungsi yang sangat bermanfaat bagi setiap pengendara motor.

Smart Key System PCX

Cara Menghidupkan Motor PCX dengan Smart Key

Untuk menghidupkan motor yang menggunakan smart key system, tentu para riders perlu mengetahui beberapa langkah – langkahnya. Sebenarnya cara menghidupkan motor PCX dengan menggunakan smart key cukup mudah, namun belum banyak diketahui karena cara ini masih dianggap cara yang baru. Berikut cara yang dapat dilakukan:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil alat dari smart key system ini yang berupa remote control. Pastikan para riders menggunakan remote control di daerah yang dekat dengan sepeda motor. Dekatkan remote control pada bagian tempat kunci yang ada pada dashboard.

  • Setelah remote control sudah berada di jangkauan sekitar kunci, tekanlah tombol smart key pada remote tersebut. Dengan menekan tombol ini berarti para riders dapat mengaktifkannya.

  • Setelah smart key system diaktifkan, secara otomatis bagian pada kunci akan mengeluarkan warna. Warna yang biasa digunakan adalah warna biru yang diikuti dengan bunyi tit tit. Warna yang menyala itu berada pada lingkaran knob  sehingga dapat dengan mudah dilihat.

  • Untuk menghidupkan motornya, maka para riders harus membuka kunci stang terlebih dahulu. Cara membuka kunci stang ini adalah dengan memutar knob sekali saja mengarah ke kanan.

  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menghidupkan sistem ignitionnya. Mengaktifkan sistem ini tidaklah susah, para riders hanya cukup memutar knob yang tadi sekali lagi dengan arah yang sama yaitu ke kanan.

  • Setelah itu, jika berhasil dilakukan maka mesin akan hidup. Tanda yang dapat dilihat jika mesin hidup adalah pada panel speedometer. Panel tersebut akan mengeluarkan cahaya atau menyala saat mesin dihidupkan.

  • Langkah yang selanjutnya ini adalah langkah terakhir. Para riders dapat langsung memencet tombol starter pada sepeda motor. Dengan ditekannya tombol ini, mesin akan menyala secara sempurna dan kemudian sepeda motor dapat dikendarai.

Cara diatas adalah langkah yang sangat mudah untuk diikuti. Orang awam saja yang bahkan belum tahu cara menggunakan sepeda motor, akan dengan mudah mengikuti cara menyalakan sepeda motor menggunakan smart key system. Alur yang dijabarkan di atas harus dilakukan secara rinci tanpa menghilangkan satu langkah pun, apalagi sampai terbalik dalam langkah yang digunakan. Demikian itulah informasi yang dapat disampaikan kepada para riders tentang  smart system dan cara menghidupkan motor PCX menggunakan sistem yang canggih ini. Semoga bermanfaat dan dapat diikuti dengan mudah oleh para riders.

Leave a Comment