Cara Mengkilapkan Body Motor

10 Cara Mengkilapkan Body Motor Seperti Baru

Mempunyai motor yang terlihat mengkilap, siapa yang tidak suka. Cara mengkilapkan body motor juga ada banyak caranya, bisa dilakukan sendiri atau bisa juga menggunakan jasa salon motor. Tapi yang menjadi masalah adalah berapa biaya yang harus para riders keluarkan. Umumnya orang yang ingin mengkilapkan body motor, harus datang ke salon motor, untuk biaya tidak perlu diragukan, pastinya cukup mahal. Tapi memang hal ini berbanding lurus dengan hasil yang akan diperoleh.

Lalu bagaimana dengan para riders yang mempunyai budget terbatas, dan ingin mempunyai motor yang tidak hanya terlihat bersih, namun juga mengkilap ! Sebenarnya tidak sulit jika mengetahui caranya. Ulasan berikut ini akan membahas tentang cara mengkilapkan body motor.

Berikut 10 cara Mengkilapkan Body Motor ;

  1. Jangan menggunakan detergen

Banyak sekali orang yang menganggap, mencuci motor dengan menggunakan detergen, tidak hanya membuat motor jadi bersih, juga mampu membuat motor jadi tampak berkilau. Tapi kenyataannya anggapan tersebut salah ! Justru, sebaiknya hindari penggunaan detergen, ketika para riders sedang mencuci motor. Karena detergen mampu memudarkan warna pada cat motor para riders.

Lalu bahan apa yang dapat para riders gunakan untuk mencuci motor ? Sebaiknya gunakan shampo  khusus motor, mengingat ini adalah bahan yang sengaja dibuat untuk membersihkan motor. Tapi dalam memilih shampo motor, sebaiknya juga tidak sembarangan. Hindari sampo motor yang menggunakan bahan NaOH (sodium hidroksida), Hcl (acid hydrochlorid) dan KOH (potassium hidroksida). Bahan – bahan yang baru saja disebutkan, cenderung berbahaya, karena dapat merusak lapisan cat motor itu sendiri.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Seperti diketahui bersama, sinar matahari langsung mengandung sinar ultraviolet, yang mampu merusak beberapa macam hal, tidak hanya kulit, bahkan cat pada body motor dan mobil pun dapat terkelupas. Apalagi jika motor dan mobil tersebut disimpan terlalu lama di bawah terik matahari tersebut. Misalnya saja, ketika para riders sedang memarkirkan motor.  Maka secara perlahan, cat motor akan mulai terkelupas.

Cara mengatasinya juga mudah, terutama ketika para riders hendak memarkirkan motor, sebaiknya simpan di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung. Atau bisa juga dengan cara menutup motor dengan sarung motor, jika para riders akan memarkirkan motor dalam jangka waktu yang lama. Sedikit banyak hal ini akan melindungi motor dari sengatan sinar matahari langsung. Dalam hal ini pilih sarung motor yang kualitasnya bagus.

  1. Cuci motor, setelah terkena air hujan

Walaupun terlihat sepele, namun ternyata air hujan ini mengandung asam nitrat, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, akan membuat body motor mudah berkarat atau korosi. Pastinya hal ini juga dapat merusak lapisan cat dan kilau pada body motor para riders.

Untuk mengatasi hal seperti ini, sebaiknya cuci motor, setelah digunakan, dalam kondisi cuaca sedang hujan. Atau setidaknya mengelapnya dengan menggunakan air bersih.

Para riders juga sebaiknya tidak langsung mengelapnya, pada body motor yang masih basah, karena terkena air hujan. Karena berbagai macam debu yang menempel pada body motor tersebut, nantinya akan merusak lapisan cat, dan membuat body motor terlihat seperti lecet.

Baca Juga :

Cara Menambal Knalpot Bocor yang Efektif

  1. Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan kompon dan poles

Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan komponCara mengkilapkan body motor lainnya adalah dengan menggunakan kompon dan juga poles. Kompon sendiri dapat menghilangkan goresan halus yang ada pada body motor, bentuknya seperti gel. Sedangkan cairan poles sendiri, bisa dengan mudah para riders temukan di beberapa swalayan, harganya juga tidak terlalu mahal.

 Cara menggunakan produk yang dimaksud juga tidak sulit. Untuk menghilangkan goresan, gunakan kompon, pada body motor yang dimaksud, kemudian gosok selama beberapa kali. Sebaiknya gunakan kain lembut, ketika akan menggosok bagian body yang mengalami gores, dengan gerakan memutar.

Setelah goresannya hilang, baru berikutnya gunakan cairan poles, untuk lebih mengkilapkan body motor itu sendiri. Lebih baik, jika para riders menggunakan cairan body poles ini,  setelah motor selesai dicuci. Agar polesan yang digunakan kelak, tidak tercampur dengan berbagai macam kotoran yang dapat menimbulkan goresan lainya, ketika sedang mengkilapkan body motor tersebut.  Sedikit catatan untuk para riders, sebaiknya jangan menggunakan kompon yang terlalu banyak, agar cat tidak mengelupas.

  1. Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan beeswax

Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan beeswaxTernyata penggunaan beeswax tidak hanya digunakan untuk berbagai produk kecantikan saja. Namun ternyata dapat juga digunakan untuk mengkilapkan body motor para riders. Jika diperhatikan, beberapa produk perawatan body motor, yang ada di pasaran, mengandung bahan yang satu ini. Artinya, Anda tidak perlu membeli produk beeswax yang asli. Tapi jika para riders mempunyai produk beewax asli, tentu akan lebih baik.

Manfaat menggunakan beeswax pada body motor, adalah mampu membuat body jadi lebih lembut, tidak mudah mengelupas, serta mampu menjaga warna asli dari kendaraan tersebut.

  1. Menggunakan minyak goreng

Ada lagi bahan yang terbilang cukup mudah dan pastinya ada di dapur, yang dapat para riders gunakan untuk membuat body motor mengkilap, yaitu minyak goreng. Bahkan hasilnya tidak kalah dengan membawa motor ke salon motor.

Caranya juga mudah. Setelah body motor dicuci bersih, kemudian keringkan, baru kemudian oleskan minyak goreng tersebut secara merata, dan gosok secara perlahan. Karena ketika minyak bertemu dengan air, maka tidak akan ada fungsinya. Sebaiknya gunakan minyak yang baru, jangan minyak bekas pakai.

  1. Rutin dalam mencuci motor

Jangan malas untuk mencuci motor, karena akan ada banyak sekali kotoran dan debu yang menempel pada body motor. Sedikit banyak hal ini akan mempermudah proses pengelupasan cat body motor.

Untuk mengatasinya, sebaiknya cuci motor secara rutin, setidaknya 1 hingga  2 kali dalam seminggu, apalagi jika motor digunakan setiap hari. Pastikan ketika mencuci gunakan bahan pembersih yang aman untuk motor Anda.

  1. Keringkan motor setelah dicuci

Setelah motor dicuci dengan bersih, berikutnya keringkan motor, hingga benar-benar kering. Jangan biarkan motor dalam kondisi basah. Karena akan memberikan noda air pada body motor, dan juga dapat menimbulkan korosi, terutama pada beberapa bagian yang tidak membuat air mengalir dengan baik. Kali ini gunakan bahan pengering yang tepat, seperti kain lembut, kain fiber dan yang lainnya. Penggunaan bahan seperti ini, selain dapat membuat body motor jadi cepat kering, juga mampu menjaga kilau cat, serta menjaga body motor dari berbagai macam goresan.

  1. Menggunakan skotlet

Para riders juga dapat menggunakan skotlet, untuk melindungi body motor dari berbagai macam goresan, serta terik matahari. Selain itu bahan ini juga mampu membuat body motor terlihat lebih mengkilap, dan enak dipandang.

  1. Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan minyak kayu putih

Cara Mengkilapkan Body Motor Menggunakan beeswaxBahan yang terakhir dapat digunakan adalah minyak kayu putih. Bahan yang satu ini ternyata tidak hanya mampu membersihkan berbagai noda membandel pada berbagai barang elektronik, namun juga pada body motor. Hasilnya barang-barang tersebut tampak kinclong seperti baru.

Caranya sangat mudah, cuci motor hingga bersih, dan lap hingga kering. Kemudian oleskan minyak kayu putih pada kain bersih dan halus secukupnya. Gosok secara perlahan, dan lihat perbedaannya !

Jadi para riders yang ingin menjaga agar kilau body motor tetap ada, tanpa harus mengeluarkan budget besar, tidak ada salahnya mencoba salah satu tips  atau cara mengkilapkan body motor yang disebutkan di atas.