7 Penyebab Knalpot Motor Nembak dan Keluar Api

penyebab knalpot motor nembak keluar api

Knalpot adalah salah satu bagian motor yang berfungsi untuk saluran pembuangan gas emisi setelah proses pembakaran terjadi di dalam mesin. Selain itu, fungsi lain dari knalpot yaitu untuk meredam suara bising sebagai efek dari keluarnya gas. Bentuk knalpot juga beragam sehingga suara yang dihasilkanpun juga berbeda-beda.

Anda mungkin pernah mengalami knalpot mengeluarkan suara seperti menembak atau bahkan keluar api. Jika memang para riders mengalami hal ini, Artikel ini dapat membantu mengetahui penyebab knalpot motor nembak keluar api. Kemudian setelah mengetahui penyebabnya sebaiknya knalpot motor tersebut segera diperbaiki. Karena jika tidak, maka motor bisa kehilangan energi dan daya. Dan juga gak enak karena bisa jadi pusat perhatian orang orang.

Berikut 7 penyebab knalpot motor nembak dan keluar api :

Lupa untuk tutup Choke 

Penyebab knalpot motor nembak yang pertama yaitu lupa untuk menutup choke memang masalah sepele, namun hal ini bisa saja terjadi. Choke yang tidak ditutup menyebabkan bensin mengalir ke ruang bakar. Dari sinilah, saat ruang bakar sudah banjir bahan bakar, maka knalpot para riders bisa meledak di tengah jalan.

Busi bermasalah 

Selain lupa untuk tutup choke, penyebab lainnya bisa saja ada pada busi. Busi ini merupakan bagian penting untuk menyulut api di bagian ruang bakar. Kualitas energi di ruang bakar sangat bergantung pada busi ini. Saat busi bermasalah, tentu saja percikan api yang dihasilkan menjadi kurang maksimal. Karena inilah, pembakaran menjadi kurang sempurna. Pembakaran menjadi sedikit prematur dan akibatnya memicu ledakan pada knalpot. Parahnya lagi, ledakan pada busi ini bisa membuat motor mati mendadak.

Udara pada ruang bakar tidak tersuplai dengan baik

Ada api tentu ada mediatornya, tidak mungkin api keluar begitu saja tanpa mediator. Udara memiliki peranan penting pada proses pembakaran motor. Terkadang ada saja masalah yang menjadikan masuknya udara tidak tersuplai dengan baik ke bagian ruang bakar. Untuk mengetahui udara sudah tersuplai dengan baik atau tidak biasanya bisa dideteksi lewat ledakan knalpot pada RPM rendah setelah digunakan dengan intensitas tinggi. Jika ada ledakan, maka penyebabnya tak lain karena udara di ruang bakar kurang. Untuk itu, bersihkan bagian-bagian pada karburator juga sekitarnya secara berkala.

Masalah pada bagian komponen karburator 

Salah satu dari penyebab knalpot motor nembak lainnya yaitu terdapat pada karburator. Aliran bahan bakar pada karburator sangat bergantung pada kemampuan klep untuk melakukan buka tutup. Klep tersebut berbahan dasar karet. Karena bahannya dari karet, maka lama kelamaan, komponen tersebut bisa mengeras saat sering bersentuhan dengan bahan bakar. Karena sudah mengeras, maka secara tidak langsung komponen tersebut bisa aus dengan sendirinya. Keadaan inilah yang kemudian menjadikan knalpot motor meledak, utamanya saat tuas gas dikembalikan pada posisi awal.

Knalpot bocor

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa knalpot ini berfungsi untuk meredam suara saat proses pembakaran. Dengan demikian, jika keadaan knalpot bocor, secara otomatis knalpot para riders meledak-ledak. Itu artinya, knalpot motor para riders perlu diganti dengan yang baru.

Packing Knalpot Bocor

Selain karena knalpotnya yang bocor, kebocoran pada packing knalpot juga dapat membuat kemungkinan ada percikan apa di bagian ujung knalpot.

Timing Pengapian

Biasanya timing pengapian yang telat membuat campuran bensin dan udara di mesin tidak terbakar secara menyeluruh. Sisa campuran bahan bakar dan oksigen yang tak terbakar terbuang ke knalpot dan menimbulkan percikan api.

Tips agar knalpot motor awet

Knalpot motor yang bermasalah, seperti mengeluarkan api atau nembak tentunya menjadi salah satu penyebab celakanya pengendara. Selain itu, tentu saja para riders menjadi tidak nyaman dengan keadaan ini. Untuk itu, agar knalpot motor anda awet dan tidak cepat rusak, kenali beberapa cara untuk merawatnya.

Membersihkan knalpot setelah kehujanan 

Saat musim hujan tiba, anda perlu ekstra untuk menjaga knalpot motor agar tidak cepat berkarat. Terdapat senyawa asam pada air hujan sehingga tidak ramah pada segala sesuatu yang berbahan besi, salah satunya knalpot motor. Bagian knalpot yang rentan terkena karat yaitu di bagian leher knalpot. Jika karat ini dibiarkan, maka lama kelamaan bisa menyebabkan lubang. Untuk itu, bersihkan motor anda setiap kali terkena hujan.

Mengolesi leher knalpot dengan oli 

Agar knalpot awet, olesi leher knalpot dengan oli. Tindakan ini bisa untuk mencegah sekaligus menghilangkan karat yang sudah menempel pada leher knalpot. Cara melakukannya yaitu, nyalakan motor beberapa menit hingga mesinnya panas. Kemudian, olesi knalpot yang berkarat tersebut. Keadaan knalpot yang sudah panas, lalu diolesi oli akan menjadikan karat tersebut meleleh. Anda cukup mengolesi leher knalpot dari bagian luarnya saja, tidak perlu sampai ke dalam-dalamnya.

Bersihkan knalpot selepas dari pantai 

Jika para riders habis jalan-jalan ke pantai, jangan lupa untuk membersihkan knalpotnya selepas itu. Air laut juga bisa mempengaruhi kondisi knalpot karena air laut terasa asin sehingga bisa menyebabkan korosi lebih cepat. Untuk itu, bersihkan motor anda terutama bagian leher knalpot karena ini adalah bagian yang rentan terkena karat.

Pastikan drainase tidak dalam keadaan buntu 

Pada knalpot terdapat lubang kecil yang disebut dengan drainase. Fungsi dari drainase ini adalah mengalirkan air dari silencer agar tidak menggenang. Misalnya anda mencuci motor di dalam genangan air yang agak dalam. Secara otomatis, air akan masuk ke dalam knalpot. Nah, air tersebut kemudian akan dibuang melalui drainase ini. Maka dari itu, pastikan drainase ini tidak tersumbat. Untuk memastikannya, para riders bisa memasukkan lidi ke bagian tersebut. Bila tidak ada hambatan, artinya knalpot baik. Drainase yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab korosi.

Itulah beberapa tips untuk menjaga knalpot para riders tetap awet dan terhindar dari masalah knalpot nembak ataupun keluar api. Lebih dari itu, penyebab knalpot motor nembak seperti yang sudah dijelaskan di atas juga bisa menjadi pengetahuan baru untuk para riders sehingga akan lebih berhati-hati dan lebih intens merawat motor, khususnya pada bagian knalpot.

Leave a Comment