6 Penyebab Motor Matic mati mendadak

Motor Matic Mati Mendadak

Motor matic anda tiba tiba mati dan tidak mau nyala? Tidak tahu penyebab motor matic mati mendadak? Tentu akan sangat menyebalkan, apalagi jika terjadi di tengah perjalanan atau saat jauh dari rumah. Akan lebih parah lagi jika kita tidak tahu apa yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Memiliki motor matic memang segala sesuatu nya serba mudah, tak perlu oper gigi, tak perlu mainin kopling dan juga aneka kemudahan lainnya, namun dibalik itu juga meninggalkan banyak resiko, dan penyakit yang ada pada motor matic juga relatif berbeda dengan jenis motor lainnya.

Untuk para rider yang mengalami kejadian tersebut, riderbaik akan memberikan solusi nya. Di Artikel kali ini riderbaik ingin membagikan 6 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak, Siapa tau bisa menjadi solusi untuk masalah para rider.

Langsung saja inilah 6 penyebab motor matic mati mendadak :

1. Kesalahan Pemilihan Bahan Bakar

Sebagai salahsatu komponen paling penting pada kendaraan bermotor, tentu pemilihan bahan bakar tidak boleh dianggap sepele. Perkara ini bisa jadi penyebab motor matic mati mendadak lho, baik itu motor yamaha, honda, suzuki maupun lainnya.

Karena pembakaran motor secara umum sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar, Bahan bakar dengan oktan tinggi bisa menjaga performa motor dan meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh bahan bakar, sebaliknya jika menggunakan bbm dengan oktan rendah seringkali menyebabkan penyumbatan pada klep karena tinggi nya kandungan timbal yang lepas dari bbm tersebut, itulah salah satu sebab kenapa motor matic mati mendadak.

Selain itu kadar timbal pada bbm ber-oktan rendah juga rawan terjadi penyumbatan di area selang bensin menuju karburator, Makanya kalo bisa hindari penggunaan premium pada motor matic, minimal pertalite untuk motor kelas low end.

2. Tersumbatnya tutup tangki

lubang tangki penyebab motor matic mati mendadakPerhatikan dengan seksama lubang di atas. Itu bukan cacat produksi melainkan punya fungsi yang sangat vital sebagai ventilator atau pengalir udara. Jika lubang itu tersumbat maka sirkulasi udara di dalam tangki akan hilang. Sehinga jadinya bahan bakar tidak mengalir dengan sempurna dan bisa membuat motor matic anda mati mendadak.

Jadi jangan anggap sepele lubang ini, pastikan tidak tersumbat, dan bersihkan dengan sikat atau kompressor jika memang tersumbat, Selain itu juga jangan menaruh barang barang yang menutupi bagian tangki ini, seperti yang berbahan plastik sehingga bisa menggangu sirkulasi udara.

3. Karburator Kena Air

Masalah ini kerap terjadi saat musim hujan, biasanya motor mati karena air masuk ke karburator melalui tali gas / tali choke, Hal ini kemungkinan besar terjadi pada motor yang cukup berumur.

Solusi masalah ini adalah dengan mengeluarkan air yang masuk ke karburator tersebut, cara mudahnya yaitu dengan cara menutup kran bensi yang mengarah ke karburator, lalu kemudian kendorkan baut pembuangannya, hingga air keluar dengan sisa bensin tersebut. Atau lebih bagus lagi jika dibongkar karburatornya supaya lebih maksimal

Untungnya saat ini motor matic kebanyakan sudah injeksi, sehingga tidak akan menemukan masalah seperti ini.

4. Klep Motor

Sebagian besar masalah pada motor matik yang sering mati mendadak adalah karena kotornya klep yang disebabkan oleh kerak karbon sisa sia pembakaran, terutama untuk para biker yang menggunakan bahan bakar ber-oktan rendah seperti premium.

Klep yang kotor tersebut seringkali tidak menutup dengan sempurna dan mengakibatkan kompresi menjadi bocor. Tentu ini mengakibatkan motor matic menjadi sering mati mendadak.

5. Mesin yang Overheat

Mesin yang terlalu panas atau overheat juga merupakan salahsatu penyebab motor matic mati mendadak, yang paling umum overheat bisa terjadi karena oli yang sudah terlalu encer, kerusakan pada pendingin / radiator, dan motor yang bekerja terlalu berat tanpa istirahat.

Hal itu membuat membuat ring piston menjadi kering dan motor mengalami mati mesin. Suhu panas yang timbul diakibatkan karena sistem pembakaran atau gesekan yang terjadi antara liner boring dan piston. Ketika panas tidak mampu diredam oleh pelumas, alhasil suhu cepat naik. Saat itulah piston akan memuai dan menyebabkan liner boring macet.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengistirahatkan motor hingga dingin, kemudian lepas busi dan ganti dengan oli baru untuk melumasi piston yang tersumbat, Kemudian istirahatkan sejenak dan nyalakan motornya.

6. Kerusakan Komponen Pengapian

Komponen pengapian juga bisa menjadi penyebab motor matic mati mendadak, Bagian bagian seperti busi, sepul, CDI dan koil adalah komponen komponen yang menjalankan sistem pengapian pada kendaraan bermotor.

Komponen komponen tersebut berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke area pembakaran, sehingga motor mendapatkan energi gerak. Apabila ada masalah pada sistem pengapian tentu motor tidak akan bisa menyala.

Solusinya tentu memeriksa satu persatu komponen tersebut, dan memastikan semua komponen pengapian bisa berfungsi dengan baik.

 

Itulah 6 Penyebab Motor matic mati mendadak dari tim Riderbaik, sebelum motor para rider benar benar mati sebetulnya sering diawali dengan gejala gejala seperti gas yang kadang ngempos, mesin brebet, atau bunyi bunyi yang tidak semestinya. Jika hal hal tersebut terjadi pada para riders jangan lupa segera memeriksakan motornya ke bengkel supaya tidak perlu mengalami masalah mati mendadak, atau lebih parah lagi bahkan motor para rider bisa sampi harus turun mesin.

Jangan lupa rawat dengan baik seluruh komponen sepeda motor dan juga servis secara rutin minimal 2 bulan sekali, supaya motor selalu dalam kondisi prima tanpa harus menemukan masalah aneh aneh.

Salam Riderbaik.

 

Tantowi Ahmad

Just a normal rider, ride 50km a day

Leave a Comment