Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak? Cek 3 Bagian ini

Motor kadang bisa starter kadang tidak

Para riderbaik apakah pernah memiliki masalah pada starter motor? Masalah yang paling umum, terutama motor yang berumur lebih dari 5 tahun biasanya starter motor kadang bisa digunakan kadang tidak, kadang nyala kadang mati padahal semua indikator seperti lampu, klakson dll tetap menyala.

Lalu apa penyebabnya? Secara umum jika ada masalah pada electric starter, ada 3 bagian yang harus di cek, kemungkinan besar masalah masalah tadi bisa diatasi dengan mengecek ketiga bagian ini, dan inipun juga bisa digunakan hampir di semua jenis motor, baik itu honda, yamaha, suzuki atau lainnya, mau motornya beat, vario , mio atau bahkan r15, biasanya masalah masalahnya serupa antara satu motor dengan lainnya.

Namun sebelum mengecek ketiga bagian tersebut, biasanya justru yang sering terjadi malah karena masalah yang sepele, yaitu karena bagian electric starter nya kotor, jadi yang pertama harus dilakukan adalah dengan membersihkan bagian ini terlebih dahulu, cara nya dengan menyemprotkan cairan penetran seperti WD-40 ke bagian dalam tombol electric starter nya. Jika dengan hal itu tetap tidak berhasil, maka para rider harus melakukan pengecekan pada 3 bagian ini.

3 Bagian yang harus di cek jika Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak :

  • Aki

Jelas yang pertama diperiksa adalah bagian aki, sebagai satu satunya daya yang digunakan saat melakukan starter, fungsi aki jadi sangat krusial disini, kadang jika aki sudah lemah pun lampu indikator masih menyala namun aki tidak kuat untuk menghidupkan starter. dan jika aki nya lemah biasanya bendik starter akan berbunyi tek tek tek.

  • Bendik Starter

Bendik starter atau switch starter berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke dinamo starter, Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.

bendik starter motor

contoh bendik starter motor

Jika memang bagian ini yang rusak, cara mengeceknya juga mudah, saat tombol starter ditekan biasanya cuma terdengar bunyi cetak-cetak. Jika sudah rusak atau tidak dapat mengalirkan arus dengan maksimal, dapat dipastikan bendik tersebut tidak kuat memutar dinamo starter, makanya mesin tidak akan bisa hidup.

Namun Untuk memastikan bendiknya benar benar rusak atau tidak, Kita bisa coba langsung jumper dengan cara menghubungkan tangkai obeng di kedua terminal kabel di bendik. Jika mesin bisa hidup, berarti memang switch starter yang rusak.

  • Dinamo Starter

Khusus bagian ini sebetulnya sangat jarang rusak, tapi jarang bukan berarti gak akan rusak sama sekali, namanya juga buatan manusia kan ya, biasanya dinamo starter ini kumparannya cukup awet, malah yang sering rusak adalah arang kumparannya (brush). Jika bagian ini sudah habis, listrik dari bendik tidak akan nyambung dan motor tidak akan bisa menyala, Sebaiknya periksa bagian ini dan ganti.

arang kumparan dinamo

contoh brush dinamo starter yang sering rusak / habis

Demikianlah 3 bagian yang harus diperiksa jika starter motor kalian bermasalah. Coba sendiri di rumah sebelum dikasih ke bengkel, Jangan dibiarkan lama lama nanti pegel tiap hari pake kickstarter. Semoga bisa bermanfaat untuk para rider.

Tags:

Tantowi Ahmad

Just a normal rider, ride 50km a day

Leave a Comment